Pusdiklatcab Cakrabaswara

Kota Semarang

Jl. Prof. Dr. Hamka 234 Ngaliyan, SEMARANG
email: pusdiklatcabkotasemarang@yahoo.co.id



KATA PENGANTAR PUSDIK

 

KATA PENGANTAR

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka merupakan ujung tombak lembaga Gerakan Pramuka. Keberadaannya sebagai lembaga yang khusus menangani pendidikan dan pelatihan bagi kaum muda dan dewasa dalam Gerakan Pramuka, menjadi sebuah tolok ukur keberhasilan bagi Gerakan Pramuka dalam melaksanakan tugasnya untuk menyemai pendidikan karakter bagi generasi bangsa.

Begitu pentingnya posisi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka, membawa sebuah implikasi (konsekuensi logis), bagi para pengurusnya, untuk selalu melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Diawali dari penyiapan tenaga pendidik, persiapan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan analisis materi serta hasil pembelajaran, menjadi bagian integral dari tugas pokok dan fungsi lembaga pendidikan. Rangkaian komponen tersebut harus dapat berjalan seiring dan selaras serta harus memiliki kekuatan untuk saling menopang dan mendukung satu sama lain, sehingga terjalin sebuah sistem yang mengikat secara internal dalam wadah lembaga pendidikan serta mengikat keluar sebagai aktualisasi proses pendidikan yang bermartabat, berkualitas dan berkesinambungan.

Berawal dari pentingnya suatu manajemen sistem yang padu dan standar dalam mengelola sebuah lembaga Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Pusdiklatcab Cakrabaswara Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Semarang memberanikan diri menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP), sebagai dasar pijakan untuk melaksanakan setiap tugas kepelatihan dalam konteks pengembangan dan pembinaan pendidikan di lingkungan Gerakan Pramuka.

SOP ini kami susun berdasar komponen yang ada dalam kegiatan Diklat. Unsurnya mencakupi sistem dann manajemen pelaksanaan kursus, ketentuan Pelatih yang di dalamnya termuat ketentuan umum dan khusus tentang Pelatih, pendanaan dan standarisasi keuangan penyelenggaraan kursus, sistem keuangan Pusdiklatcab, dan penghargaan Pelatih. Semuanya diramu dalam bahasa sederhana dan mudah dimengerti, sehingga siapapun yang membaca SOP tersebut diharapkan dapat memahaminya secara komprehenship.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan SOP ini, masih jauh panggang daripada api. Masih banyak kekurangan dan kelemahan di dalamnya. Karenanyalah, masukan, saran, kritikan yang konstruktif serta kontribusi yang saling melengkapi dari berbagai pihak, akan kami terima dengan senang hati. Kami berusaha untuk mengakomodasinya sebagai suatu bentuk kepedulian agar kami bisa menjadi yang sempurna, menjadi terbaik terus menerus dan tidak pernah salah. Semoga....

 

 

Kapusdiklatcab Cakrabaswara

Gerakan Pramuk Kwartir Cabang Kota Semarang

Form Komentar